Minggu, 12 Juni 2016

BAKSO MALANG KOTA “CAK EKO”




STUDI KELAYAKAN BISNIS
BAKSO MALANG KOTA “CAK EKO”




Di Susun Oleh
Nurul Arniati (13652027)

Mata kuliah Studi kelayakan Bisnis
Dosen Pembimbing Dr. Indah Martati SE,MM



Program Studi S-1 Terapan Manajemen Pemasaran
Politeknik Negeri Samarinda

ANALISIS ASPEK PASAR
Bakso Malang Kota“Cak Eko”


Tujuan kami melakukan studi kelayakan bisnis adalah untuk mengetahui apakah bisnis Bakso Malang Kota “Cak Eko” layak atau tidak untuk dijalankan di kota Samarinda melalui beberapa aspek yaitu aspek pasar, aspek pemasaran, aspek keuangan, dan aspek SDM.
Proyek yang kami susun merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang kuliner dan memiliki nama  Bakso Malang Kota “Cak Eko”. Bakso Malang Kota “Cak Eko” adalah waralaba makanan lokal tradisional. Bakso Malang Kota “Cak Eko” menyajikan berbagai menu makanan seperti Bakso campur, Bakso urat/halus,  Mie ayam, Mie ayam bakso, Cwie mie Malang, Siomay dan Batagaor dengan citarasa khas kota Malang.
Di kota Samarinda Bakso Malang Kota “Cak Eko” memiliki beberapa pesaing diantaranya adalah Bakso Arema Juanda, Bakso Malang, Mie Ayam Pangsit & Bakso Arema Bung Tomo, Bakwan Bintang Malang, Bakso Siomay Malang.

Bakso Malang kota ”Cak Eko” sangat sehat karena tidak mengandung bahan pengawet, oleh karena itu, pada 23 Februari 2007 lalu di Borobudur Cak Eko mendapat penganugerahan sebagai ”Indonesian Creative Innovation Award 2007” dari Kementrian Koperasi dan UKM serta Kementrian Perdagangan Republik Indonesia.

Rencana lokasi usaha Bakso Malang Kota “Cak Eko” di kota Samarinda yaitu di Komplek Mall Lembuswana Blok J No.1, Jl. S.Parman, Samarinda, yang merupakan tempat strategis dalam lingkup semua kalangan, dan terletak ditengah kota.
A.     BESAR LUAS PASAR
Berdasarkan data sekunder yang telah saya dapat dari kantor kecamatan Samarinda Ulu, inilah data kependudukan dari kecamatan Samarinda Ulu dan telah saya kelompokkan bersarkan usia dan jenis kelamin yang menjadi segmen atau target pasar saya. Berikut adalah data yang telah saya kelompokkan.:

Jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan kepala Keluarga


Perempuan
Laki-laki
Total
Jenis Kelamin
57.432
60.191
102.224
Kepala Keluarga
-
-
26.756
Sumber : Data diperoleh dari kantor kecamatan Samarinda Ulu
Jumlah penduduk menurut usia
Kelompok Pendidikan
Total (orang)
0-3 Tahun
3.470
4-6 Tahun
2.963
7-12 Tahun
6.722
13-15 Tahun
6.278
16-18 Tahun
15.784
19 Tahun keatas
34.836
Sumber : Data diperoleh dari kantor kecamatan Samarinda Ulu
Kelompok Tenaga kerja
Total (orang)
10-14 Tahun
1.492
15-19 Tahun
3.531
20-26 Tahun
4.818
27-40 Tahun
6.524
41-56 Tahun
12.110
57 Tahun keatas
20.979
Sumber : Data diperoleh dari kantor kecamatan Samarinda Ulu
Produk yang ditawarkan :
·         Bakso Campur, Bakso Urat, Bakso Halus
·         Soto Ayam dan Daging
·         Cwie Mie Malang
·         Nasi Goreng Jawa
·         Mie Ayam, Mie Goreng Jawa, Mie Ayam Bakso, Mie Godok.
·         Rawon
·         Aneka Juice Segar
·         Es Dawet
·         Es Campur
·         Sekoteng dll.
·          
B.     PERSAINGAN ANTAR PRODUSEN
Persaingan yang muncul diantara para produsen yang memiliki jenis usaha yang sejenis dan target market yang sama yang sudah berdiri lebih dahulu di kota Samarinda yaitu :
Stand
No
Nama
Alamat
1.
Bakso Arema Juanda
Jl. Insinyur H. Juanda
2.
Mie Ayam Pangsit & Bakso Arema Bung Tomo
Jl. Bung Tomo
3.
Bakwan Bintang Malang
JL. Dr. Sutomo, No. 11, RT. 29
4.
Bakso Family
Jl. Wahid Hasyim
5.
Taubat Tahu Bakso H. Aya
Jl. Insinyur H. Juanda
6.
Bakso Jumbo
Jl. Gn. Cermai
7.
Bakso Lapangan Tembak Senayan
Jl. Bhayangkara No.58
8.
Bakso Bintang 86
Jl. Pangeran Suryanata
9.
Bakso Mania Jos Gandoooos
Jl. Raudah 3
10.
Tahu Bakso Semarang
Jl. Cendana
11.
Depot Bakso Mitra
Jl. M Yamin
12.
Bakso Sen
Jl. M Yamin
13.
Bakso Bang Jalil
Jl. Mayor Jenderal MT. Haryono No. 24
14.
Bakso Sen
Jl. Bhayangkara No.58
15.
Bakso Cinta Rasa
Jl. Muhamad Yamin No.80
16.
Bakso Kang Damar UD
Jl. Palang Merah
17.
Pangsit Bakso Kurnia
Jl. W.R. Supratman
18.
Bakso Galau Kang Jamal
Jl. Lambung Mangkurat
19.
Bakso Super Jumbo Bakso
Jl. Wahid Hasyim
20.
Mie Ayam Padang dan Bakso Urat Uncu Jaya
Jl. Kyai H. Wahab Syahranie No.5A
21.
Warung Bakso Pojok
Jl. Pasar Ijabah
22.
Warung Bakso Wong Solo
Jl. Pangeran Suryanata No.126
23.
Bakso Awang Long
Jl. Kadrie Oening No.121
24.
Bakso Blitar
Jl. Marskal Muda Abdurachman Saleh
25.
Bakso Surabaya
Jl. Kh. Kholid
26.
Bakso Wijaya
Jl. Hasan Basri No.65
27.
Mie Pangsit Bakso Cinta Rasa Cabang Pemuda
Jl. MT Haryono
28.
Bakso Galau
Jl. Lambung Mangkurat
29.
Bakso Raksasa
Jl. Jenderal Ahmad Yani No.48
30.
Warung Bakso Sumatera
Jl. Pangeran Moh. Noor
31.
Mie Ayam Bakso Cah Jogja
Jl. Kyai H. Usman Ibrahim No.1
31.
Mie pangsit bakso Seger
Jl. Pramuka
32.
Bakso Awang Long
Jl. AW. Syahranie, RT. 009
33.
Taubat Tahu Bakso H. Aya
Jl. Insinyur H. Juanda
34.
Bakso Surabaya
Jl. S. Parman No.21
35.
Bakso Ijabah
Jl. Pangeran Antasari
36.
Bakso Wijaya
Jl. Hasan Basri
37.
Warung Bakso Ridho
Jl. Moh. Said
38.
Bakso Bandung
Jl. Anggi
39.
Bakso Cinta Rasa Mie Pangsit Jakarta
Jl. Ahmad Yani No.21
40.
Bakso Agung
Jl. Pangeran Moh. Noor
41.
Mie Ayam Pangsit & Bakso Wonogiri
Jl. Moh. Said
42.
Bakso Ayam Asraf
Jl. Kedondong
43.
Mie Ayam Bakso 17 Bersinar
Jl. Insinyur H. Juanda
44.
Warung Sulis Bakso Royal Gresik
Jl. A.M Sangaji
45.
Bakso Joss
Jl. Jend. Gatot Subroto 44 RT 049
46.
Depot Bakso Lezat
Jl. Kh. Kholid No.42
47
Bakso Barokah
Jl. Danau Jempang
48.
Warung Makan Bakso Solo
Jl. Otto Iskandardinata No.1B
49.
Tahu Bakso Semarang
Jl. D.I. Panjaitan
50.
Mie Ayam Bakso Wong Solo
Jl. Abdul Muthalib No.9
51.
Bakso Cinta Rasa
JL. KH. Wahid Hasyim
52.
Bakso Surabaya
Jl. Slamet Riyadi No.4
53.
Warung Bakso Vorvo
Jl. Letnan Jend. Suprapto
54.
Aneka Rasa Bakso Bombastis
Jl. Merdeka
55.
Bakso Mitra Solo Massidik
Jl. MT Haryono
56.
Bakso Ceker
Jl. Dr. Sutomo Gg. Batu
57.
Warung Bakso Om Sul
Jl. Pasundan No. 201
58.
Bakso Islamic
Jl. Cendana
Sumber : Data diperoleh berdasarkan survey peneliti
Jemput Bola
No
Nama
Jumlah Pedagang Keliling
1.
Bakso Malang
7
2.
Bakso Siomay Malang
20
3.
Bakso Keliling
1
4.
Bakso Surip
1
5.
Bakso Barokah
4
6.
Bakso Mubarok
1
7.
Bakso idola
1
Sumber : Data diperoleh berdasarkan survey peneliti
C.     SIKLUS HIDUP PRODUK
Ada beberapa langkah yang dilakukan pada kemungkinan masing-masing tahapan dalam siklus hidup produk, yaitu:
1.      Tahap perkenalan
Melakukan promosi pada tempat-tempat yang banyak terdapat target pasar Bakso Malang Kota “Cak Eko” seperti memasang iklan di media social, media cetak, dan media elektronik.
2.      Tahap pertumbuhan
Memberikan pelayanan terbaik dan cepat dalam penyajian. Mampertahankan kelezatan Bakso Malang “Cak Eko” , Dan bekerja sama dengan festival food yang di adakan 1 kali dalam setahun di alaya, lembuswana, Islamic center, GOR Sempaja dan GOR Segiri.
3.      Tahap kedewasaan
Kualitas produk semakin ditingkatkan dan cepat tanggap pada keinginan pelanggan, produk dan yang ditawarkan lebih beragam, memberikan jasa layanan antar (delivery), memperbanyak varian menu makanan dan minuman, menambah gerai Bakso Malang Kota “Cak Eko” di beberapa lokasi strategis lainnya.
4.      Tahap penurunan
Melakukan promosi secara langsung pada konsumen, agar harga dapat ditekan serendah mungkin bagi konsumen, dan memberikan produk yang lebih inovatif, melakukan diversifikasi produk, atau dengan memberikan menu paket, serta menu diskon,

D.     KETERGANTUNGAN USAHA TERHADAP PRODUSEN DAN KONSUMEN
ü  Ketergantungan usaha terhadap supplier
Untuk meminimalkan ketergantungan terhadap supplier dan meminimalisir kurangnya ketersediaan bahan baku, Bakso Malang Kota “Cak Eko” memiliki minimal 3 suppliers atas bahan baku utama yaitu daging sapi, supplier berada di Pasar Segiri dan Pasar Pagi. 2 suppliers daging ayam berada di pasar Segiri, serta 2 supplier bahan baku lainnya seperti tepung, mie telur, rempah-rempah, beras, telur ayam, sayuran, dan buah-buahan, juga di supplai dari pasar Segiri.

ü  Ketergantungan usaha terhadap konsumen
Kami akan selalu mengutamakan kualitas produk yang diberikan pada konsumen, mempertahankan cita rasa dan selalu mengikuti perkembangan kuliner yang diinginkan konsumen serta meningkatkan rebuying konsumen pada produk Bakso Malang Kota “Cak Eko”.

Gambar Produk Bakso Malang Kota “Cak Eko”





Berdasarkan aspek pasar Bisnis Bakso Malang Kota “Cak Eko” layak untuk dijalankan di Kota Samarinda.
ANALISIS ASPEK PEMASARAN
Bakso Malang Kota“Cak Eko”



SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING
Segmentation   : perempuan dan laki-laki (anak-anak, remaja, dan dewasa)
Targetting         : Siswa (SD, SMP, SMA/SMK)
                          Umum (Mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga)
Positioning       :
- Franchise makanan lokal tradisional ” Bakso Malang Kota ”Cak Eko” ”
ANALISIS PERSAINGAN
Identifikasi Pesaing:
1.      Bakso Arema Juanda
2.      Bakso Malang
3.      Mie Ayam Pangsit & Bakso Arema Bung Tomo
4.      Bakwan Bintang Malang
5.      Bakso Siomay Malang
Kekuatan dan Kelemahan Pesaing:
Kekuatan:
-          Sudah lebih dulu dikenal oleh konsumen
-          Memiliki rasa yang dapat diterima oleh masyarakat
Kelemahan:
-          Warung bakso pesaing kurang nyaman dan higienis
-          Tempat saus, kecap, sambal sering tidak ditutup kembali
-          Tata letak meja dan kursinya tidak rapi
-          Ruangannya kurang dingin
-          Pelayanannya lama dan tidak ramah.

SWOT Analisis:
Strength: Keunggulan dari Bakso Malang kota ”Cak Eko” antara lain adalah varian isinya yang berbeda dengan kebanyakan bakso Malang lain.
-          Bakso Malang kota ”Cak Eko” diracik dengan bumbu-bumbu asli pilihan, mewarisi resep turun-temurun.
-          Bakso Malang kota ”Cak Eko” sangat sehat karena tidak mengandung bahan pengawet, oleh karena itu, pada 23 Februari 2007 lalu di Borobudur Cak Eko mendapat penganugerahan sebagai ”Indonesian Creative Innovation Award 2007” dari Kementrian Koperasi dan UKM serta Kementrian Perdagangan Republik Indonesia.
-          Bakso Malang kota ”Cak Eko” sangat memperhatikan kebersihan, kehalalan, higienitas, dan kesehatan, serta sertifikat halal MUI dan sertifikat BPOM Dinkes serta sertifikat uji laboratorium Bebas Formalin, borax, dan zat-zat lain yang membahayakan tubuh konsumen yang dikeluarkan oleh Balitbang, Industri Depperin.
Weaknesses:
-          Karena menggunakan sistem franchise sehingga harus mengikuti prosedur dari pemilik franchise Bakso Malang Kota ”Cak Eko”
-          Untuk meracik bakso para karyawan Bakso Malang kota ”Cak Eko” harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu, agar citarasa Bakso Malang kota ”Cak Eko” tetap sama.

Opportunities:
-          Meningkatnya permintaan akan makanan cepat saji ( fast food )
-          Meningkatnya permintaan akan desain ruangan gerai yang menarik, bersih dan nyaman,  disamping makanan yang lezat
-          Dapat dijadikan alternatif sebagai tempat makan keluarga.
Threats:
-          Ada beberapa gerai bakso yang sudah terkenal, dan memiliki tempat dihati konsumen
-          Kemungkinan berubahnya selera konsumen kepada makanan lain.
MARKETING MIX
FAKTOR PRODUK
            Produk yang ditawarkan Bakso Malang kota ”Cak Eko” yaitu :
·         Bakso Campur, Bakso Urat, Bakso Halus
·         Soto Ayam dan Daging
·         Cwie Mie Malang
·         Nasi Goreng Jawa
·         Mie Ayam, Mie Goreng Jawa, Mie Ayam Bakso, Mie Godok.
·         Aneka Juice Segar
·         Es Dawet
·         Es Campur
·         Sekoteng dll.
FAKTOR HARGA
            Harga yang kami tawarkan sangat beragam. Rincian harga produk Bakso Malang Kota ”Cak Eko” :
·         Bakso Campur, Bakso Urat, Bakso Halus                                Rp.25.000
·         Soto Ayam dan Daging                                                                        Rp.23.000
·         Cwie Mie Malang                                                                     Rp.23.000
·         Nasi Goreng Jawa                                                                    Rp.20.000
·         Mie Ayam, Mie Goreng Jawa, Mie Ayam Bakso,
Mie Godok                                                                              Rp.23.000       
·         Rawon
·         Aneka Juice Segar                                                                   Rp.15.000
·         Es Dawet                                                                                 Rp.15.000
·         Es Campur                                                                               Rp.15.000
·         Sekoteng dll.                                                                            Rp.15.000

FAKTOR PROMOSI
Bakso Malang Kota ”Cak Eko” menggunakan media social dan website, dan media cetak seperti flyer, banner yang akan dipasang di depan toko dan memasang Baliho serta brosur yang disebarkan kepada pengunjung komplek Mall Lembuswana dan masyarakat kota Samarinda, serta media elektronik seperti iklan radio. Saat waktu-waktu tertentu seperti valentine day, hari natal, idul fitri, toko Bakso Malang Kota ”Cak Eko” menawarkan produk dengan harga paket.
FAKTOR TEMPAT
Rencana lokasi usaha Bakso Malang Kota “Cak Eko” di kota Samarinda yaitu di Komplek Mall Lembuswana Blok J No.1, Jl. S.Parman, Samarinda, Komplek Mall Lembuswana berdekatan dengan pusat perbelanjaan, universitas, sekolah, rumah sakit, dan kantor pemerintahan yang merupakan tempat strategis dalam lingkup semua kalangan, dan terletak ditengah kota.
Berdasarkan aspek pemasaran Bisnis Bakso Malang Kota “Cak Eko” layak untuk dijalankan di Kota Samarinda.













ANALISIS ASPEK KEUANGAN
Bakso Malang Kota“Cak Eko”


SUMBER PENDANAAN
Asumsi perhitungan pendapatan perbulan
( Paket Mini Resto )
Modal Awal /Investasi awal
1.      Sewa Tempat Pertahun                                    :           Rp. 80.000.000
2.      Franchise Fee (5th)
1        tahun @Rp. 16.000.000                :           Rp. 80.000.000 -
sudah termasuk peralatan pendukung 
Rp. 160.000.000
Total Operasional perbulan
1.      Gaji pegawai 4 orang/bln (umr)                       :           Rp. 8.000.000
2.      Listrik, air, elpiji, service                     :           Rp. 2.000.000
3.      Bahan Baku Utama                              :           Rp. 12.000.000
4.      Bahan Baku Tambahan                                   :           Rp. 5.000.000  +
Total                                                                :           Rp.27.000.000
Depresiasi peralatan                            
Umur Ekonomis 5 Tahun                                :           Rp. 80.000.000/5 tahun
                                                                        :           Rp. 16.000.000/tahun
                                                                        :           Rp. 1.333.333/bulan
Cash In Penjualan perhari
Makanan
·         Bakso Campur, Bakso Urat, Bakso Halus        300 porsi x Rp.25.000 =          Rp. 7.500.000
·         Soto Ayam dan Daging                                                150 porsi x Rp.23.000 =          Rp. 3.450.000
·         Cwie Mie Malang                                             50 porsi x Rp.23.000   =          Rp. 1.150.000
·         Nasi Goreng Jawa                                            50 porsi x Rp.20.000   =          Rp. 1.000.000
·         Mie Ayam, Mie Goreng Jawa, Mie Ayam Bakso,
Mie Godok                                                      150 porsi x Rp.23.000 =          Rp. 3.450.000 +
Total                                                                                                    =          Rp. 16.550.000
Minuman
·         Aneka Juice Segar                                           200 gelas x Rp.15.000 =          Rp. 3.000.000
·         Es Teh & Teh hangat                                       200 gelas x Rp. 5.000  =          Rp. 1.000.000
·         Es Jeruk                                                           100 gelas x Rp.10.000 =          Rp. 1.000.000
·         Es Dawet                                                         100 gelas x Rp.15.000 =          Rp. 1.500.000
·         Es Campur                                                       100 gelas x Rp.15.000 =          Rp. 1.500.000
·         Sekoteng dll.                                                    50 gelas x Rp.15.000   =          Rp. 750.000
Total                                                                                                    =          Rp. 8.750.000
Jumlah Pendapatan perhari      Rp. 16.550.000+ Rp. 8.750.000          =          Rp. 25.300.000
Cash in pendapatan perbulan               Rp. 25.300.000 x 28 hari         =          Rp. 708.400.000
Royalty Fee 3,5%                                                                                =          Rp. 24.794.000            -
Keuntungan Kotor                                                                               =         Rp. 683.606.000

Total Biaya Operasional perbulan                                                        =          Rp.27.000.000
Depresiasi peralatan                                                                             =          Rp. 1.333.333
Sewa tempat                                                                                        =          Rp. 6.666.666 -
Keuntungan Bersih                                                                              =          Rp. 648.606.001
Pajak 25%                                                                                           =          Rp. 162.151.500 –
Keuntungann setelah pajak                                                                  =          Rp.  486.454.501
Metode-metode Evaluasi Project
·         Payback Period (BEP)              =          ( Total Investasi awal : Laba per bulan ) x 1 bulan
                                                            =          (Rp. 160.000.000 : Rp.  486.454.501) x 1 bulan
                                                            =          33 bulan

·         Net Cash Flow
Rata-rata pendapatan/ hari                   =          Rp. 17.373.375

Rata-rata biaya opersional/ hari                       =          Rp. 964.285
Rata-rata penghasilan bersih/ hari        =          Rp. 17.373.375  Rp. 964.285=  Rp.  16.409.089

Buka dari senin – sabtu (08.00 – 21.00 WITA)

Net Cash Flow/ th = Rp. 16.409.089 x 6 hari x 4 minggu x 12 bln      = Rp.    4.725.817.725
Kecenderungan tren menurun 40 % dari th sebelumnya
2015 = NCF  = Rp. 4.725.817.725 – ( 40 % x Rp. 4.725.817.725                  = Rp.    2.835.490.635
2014 = NCF  = Rp. 2.835.490.635 – ( 40 % x  Rp. 2.835.490.635)    = Rp.   1.701.294.381
2013 = NCF  = Rp. 1.701.294.381 – ( 40% x Rp. 1.701.294.381)                  = Rp.    1.020.776.629
2012 = NCF = Rp. 1.020.776.629 – ( 40% x 1.020.776.629)              = Rp.    612.465.977
2011 = NCF = Rp.  612.465.977 – ( 40% x Rp.  612.465.977)                       = Rp.    367.479.586
·         Net Present Value
Th
NCF
DF 10 %
Present Value
DF 16 %
PV 2
0
(160.000.000)
-
(160.000.000)
-
(160.000.000)
1
2.835.490.635
0,9091
2.577.744.536
0,8261
2.342.398.814
2
1.701.294.381
0,8264
1.405.949.676
0,7432
1.264.401.984
3
1.020.776.629
0,7513
766.909.481
0,6407
654.011.586
4
612.465.977
0,6830
418.314.262
0,5523
338.259.988
5
367,479,586
0,6209
228,168,075
0,4761
174.957.031
PV NCF
5.611.593.225
PV2 NCF
4.774.029.403
PV Investasi
(160.000.000)
PV2 Investasi
(160.000.000)
NPV
5.451.593.225

4.614.029.403
·         Kriteria investasi dikatakan, layak dari sisi NPV – Jika NPV > 0
·         Jadi analisis investasi Bakso Malang Kota “Cak Eko” dilihat dari NPV – nya dinyatakan layak karena NPV + 5.451.593.225
Interpologi
K1 = 10 %        NPV1 = + 5.451.593.225
K2 = 16 %        NPV2 = + 4.614.029.403

NPV = 0 = r = K1 – NPV1  x    K2 – K1
                                            NPV2 – NPV1

            = 10 % - 5.451.593.225 x        16 % - 10 %                                                   
4.614.029.4035.451.593.225
                        = 10 %    -          327.095.594
                                                -837.563.822
= 10 % + 0,39
IRR                  = 10 % + 26 % = 49 %

Berdasarkan aspek Keuangan Bisnis Bakso Malang Kota “Cak Eko” layak untuk dijalankan di Kota Samarinda.














ANALISIS ASPEK MANAJEMEN DAN SDM
Bakso Malang Kota“Cak Eko”



PERENCANAAN MANAJEMEN
Rencana Kerja
Berikut ini akan dijabarkan rencana kerja dari Bakso Malang Kota “Cak Eko” baik rencana jangka pendek, rencana jangka menengah, dan rencana jangka panjang.

Rencana jangka pendek :
1.      Pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana kerja
2.      Penataan administrasi, kearsipan, dan keuangan
3.      Pemenuhan kebutuhan bahan baku untuk proses produksi
Rencana jangka menengah :
1.      Mengembangkan pasar di kawasan Samarinda
2.      Peningkatan loyalitas karyawan
3.      Pemantauan dan evaluasi proses dan hasil produksi
4.      Survei pasar ke seluruh Samarinda untuk meningkatkan penjualan.

Rencana jangka panjang :
1.      Merancang strategi untuk pengembangan pasar yang lebih luas
2.      Pengembangan produk dengan inovasi lain sesuai perkembangan zaman
3.      Peningkatan laba perusahaan
4.      Peningkatan modal kerja.

Jenis Pekerjaan
Franchise Makanan dan Minuman.

Peralatan
Peralatan yang digunakan dalam usaha ini,antara lain :
Kursi                                                                            80 unit
Meja                                                                            20 unit
Meja kerja (untuk kasir)                                               1 unit
Komputer                                                                    1 unit
Lemari pendingin persediaan bahan baku                    3 unit
Alat-alat kebersihan                                                     1 set
Kulkas minuman botol                                                            1 unit
Peralatan dapur                                                                        1 set

Bentuk Usaha
Usaha ini berbentuk franchise atau waralaba, waralaba adalah sebuah metode distribusi barang atau jasa. Metode ini membentuk suatu model hubungan kerjasama bisnis antara franchisor (pemilik usaha) dengan franchisee (pemilik modal/investor).

Struktur Organisasi








Job Description Masing-Masing Jabatan
Job description adalah pendefinisian secara jelas mengenai tugas-tugas pokok dan tanggung jawab yang diemban oleh masing-masing posisi atau jabatan dalam suatu perusahaan. Job description dalam struktur organisasi Bakso Malang Kota ”Cak Eko”, meliputi:

Owner/ pemilik modal
Bertanggung jawab secara penuh atas pengurusan usaha untuk kepentingan dan tujuan usaha.
Kasir
Bertanggung jawab untuk memeriksa transaksi-transaksi yang dilakukan dan membuat laporan keuangan.
Karyawan Produksi
Bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengawasi proses produksi.
Pelayan
Bertanggung jawab untuk melayani konsumen, melayani pembelian, dan menjaga kebersihan toko.

Koordinasi
Koordinasi dilakukan oleh owner/pemilik usaha maupun menyeluruh bersama-sama. Briefing dilakukan setiap pagi sebelum toko buka yaitu pada pukul 08.00 WITA. Dan sebelum toko tutup pada pukul 21.00 owner melakukan evaluasi atas produk yang telah terjual dalam 1 hari penuh.

Pola Gaji / Upah dan THR.
Gaji bersih yang akan diterima karyawan per bulan yaitu Rp. 2.000.000. Uang THR akan diberikan setiap menjelang lebaran yaitu sebesar 1 bulan gaji.
memberikan tunjangan khusus yaitu apabila ada karyawan sakit, maka kami akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan kondisi karyawan.

Berdasarkan aspek manajemen dan SDM Bisnis Bakso Malang Kota “Cak Eko” layak untuk dijalankan di Kota Samarinda.


KESIMPULAN
Bersasarkan studi kelayakan bisnis yang telah kami lakukan pada Franchise Bakso malang Kota “Cak Eko” di Kota Samarinda melalui beberapa aspek, diantaranya adalah aspek pasar, aspek pemasaran, aspek keuangan dan aspek SDM, dapat dikatakan bahwa bisnis franchise Bakso malang Kota “Cak Eko” layak untuk dijalankan di Kota Samarinda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar